Makanan Ringan Olahan Tempe

tempe tentunya telah tidak asing lagi bukan? Makanan khas Indonesia ini dikenal murah dan mempunyai gizi yang lumayan tinggi. Tak heran makanan yang berasal dari kedelai ini sering menjadi tumpuan hampir seluruh keluarga di Indonesia.

Dari dulu sampai kini, keberadaan tempe masih terjaga. Tempe tak pernah punah. Bahkan makanan satu ini telah dikenal sampai keluar negeri, sebagai orang Indonesia anda tentunya patut bangga dengan urusan itu.

Nah buat anda penyuka tempe dan terkadang bingung mesti mengolahnya menjadi apa lagi, kamu dapat mencoba sejumlah resep inilah ini. Tempe bisa dikreasikan dalam sekian banyak  macam jenis camilan enak. Dijamin kamu akan ketagihan.

1. Tempe Nuget



Bahan-bahan:
- 500 gr tempe
- 1 sdm tepung kanji/tapioka
- 2 buah wortel (parut dengan parutan keju)
- 2 butir telur
- 2 batang daun bawang, iris tipis
- 2 batang seledri, iris tipis
- 1-1,5 sdt lada bubuk
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 2 sdt garam/secukupnya, cocok selera
- 1 sdt kaldu bubuk

Bumbu halus:
- 5 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah

Bahan pelapis:
- 50 gr tepung terigu serbaguna/secukupnya
- air secukupnya
- tepung panir secukupnya

Cara membuat:
- Potong-potong tempe, kukus atau rebus hingga nyaris lunak. Haluskan dengan memakai blender, chopper atau ulekan
- Campur seluruh bahan jadi satu, kecuali bahan pelapis, aduk hingga rata dengan spatula.
- Masukkan ke dalam loyang yang sudah dioles tipis dengan minyak sayur. Kukus sekitar 35 menit. Tunggu dingin, potong cocok selera.
- Campur bahan pelapis, tepung dan air aduk rata, dengan kekentalan sedang, lantas celupkan tempe, kemudian balur ke tepung panir, lakukan sampai selesai.
- Simpan di dalam kulkas sekitar setengah jam, agar tepung panir menyatu. Panaskan minyak dengan api sedang, kemudian goreng sampai berwarna kecokelatan.

2. Tempe Keju
Bahan-bahan:
- 1 papan tempe
- 5 eksemplar keju slices
- 2 butir telur ayam
- Secukupnya air guna mengukus

Bahan baluran:
- 70-80 gr tepung panir halus
- 1 sdm bawang putih bubuk
- 1 sdt lada bubuk
- Secukupnya garam

Cara membuat:
- Potong tempe tipis-tipis kotak, lantas potong lagi menjadi segitiga. Demikian pun dengan keju. Ambil 1 lembar, lantas potong segitiga
- Siapkan dandang dan isi dengan air secukupnya lantas kukus tempe tidak cukup lebih 10 menit. Biarkan sejumlah menit agar agak dingin
- Sementara itu, siapkan wadah untuk membaur tepung panir, garam, lada dan baput. Aduk rata. Kocok lepas telur di mangkuk terpisah.
- Ambil sepasang tempe, sisipkan 1 eksemplar keju format segitiga di antaranya (seperti format sandwich). Lumuri dengan tepung panir, lantas telur kocok, kembalikan ke tepung panir seraya ditekan-tekan lembut agar padat dan saat digoreng.
- Panaskan minyak. Goreng tempe dengan api kecil hingga golden brown. Angkat dan sajikan hangat. Bisa dicocol dengan saus sambal atau sambal kecap.

3. Tempe Katsu

Bahan-bahan:
- 1 papan tempe dicukur memanjang laksana french fries/bentuk stik
- 4 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt royco rasa ayam
- 1/2 sdt merica

Bahan pencelup:
- air secukupnya
- 5 sdm tepung terigu

Bahan pencelup:
- 2 butir telur kocok
- tepung panir
- teknik membuat

Cara membuat:
- Rendam tempe dalam air yang diberi bumbu yang telah dihaluskan terdiri dari bawang putih, merica, ketumbar royco dan garam. Diamkan tidak cukup lebih 30 menit. Angkat dan tiriskan.
- Lumuri tempe dengan kocokan telur, gulingkan ke tepung terigu lantas ke tepung panir. Goreng sampai kuning kecoklatan, angkat sajikan dengan saus sambal.


0 Response to "Makanan Ringan Olahan Tempe"

Posting Komentar

wdcfawqafwef